Pendampingan Pembuatan Olahan Pisang Bersama UMKM

Sambirejo, Semarang – KKN TEMATIK UNDIP Tim Dewi Sakti mengadakan pelatihan khusus untuk UMKM Desa Sambirejo, Sabtu 20 November 2021. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Sambirejo diikuti para pelaku usaha, khususnya yang bergerak di bidang usaha kuliner yang tersebar di Desa Sambirejo.

“Jadi melalui kegiatan ini, mereka diberikan bimbingan serta materi yang bertujuan unuk mematenkan resep yang pernah dibuat sebelumya, mulai dari takaran bahan, proses produksi, pengemasan hingga metode pemasaran. Sebelum pelatihan ini di kerjakan dua minggu yang lalu tepatnya tanggal 6 dan 7 November 2021 kita sudah membuat stik pisang ini dengan 27 orang dari tiga Dusun yang ada di Desa Sambirejo namun hasilnya kurang memuaskan.” Ujar Tim Dewi Sakti.

Pelatihan ini juga sekalian berdiskusi dalam pembuatan menu baru yang iconic sebagai ciri khas dari Desa Sambirejo yaitu “Stik Pisang” yang mana makanan ringan ini bisa tahan lama dan tentunya akan berbeda dari makanan ringan lainnya.

Stik pisang ini memiliki bahan yang diperoleh cukup mudah dan tentunya banyak dijumpai di Desa Sambirejo dan menjadi potensi dari desa tersebut karena hampir setiap lahan terdapat kebun pisang serta pisang ini dapat dipanen kapan saja dan tidak musiman seperti buah-buah yang lain. Bahan utama yang digunakan adalah pisang raja. Pisang raja memiliki rasa manis dan aromanya ketika matang itu sangat khas. Selain itu pisang tersebut banyak dijumpai di ketiga desa tersebut. Selain pisang raja, bahan tambahan lain adalah tepung segitiga, mawar, telur, dan mentega.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *